Thursday, May 19, 2011

Tertawa itu sehat

bukan cuma manusia yang memiliki kemampuan tertawa dan tersenyum. Spesies primata lain ternyata juga bisa melakukan keduanya. Ini merupakan jenis perilaku yang merespon sinyal dalam suatu kelompok ketika ada emosi yang positif. Tertawa juga mengurangi stres dan berperan mempererat hubungan dalam kelompok.
nah ternyata tertawa itu menyehatkan lho. mau tahu kenapa tertawa itu bisa menyehatkan.???

(1) Meningkatkan Kekebalan Tubuh
saat tertawa, ada banyak gerakan dan perubahan yang dibuat oleh tubuh kita. mulai dari bagian otak, hormon, pembuluh darah, otot sampai berbagai organ-organ lain. jadi tertawa mempunyai guna untuk menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan mengurangi kolestrol jahat yang ada dalam tubuh.
(2) Bikin awet muda
pada saat kita tertawa, otot di muka akan bergerak cepat dan kuat sehingga menimbulkan rasa rileks. gerakan otot tersebut juga  bisa menghilangkan kerut-kerut yang ada pada wajah. Dengan banyak tertawa kita bisa menjadi lebih rileks dan otomatis pikiran negatif pun hilang.
(3) Mengurangi Stres
Tertawa bisa mengurangi emosi dan ketegangan. tertawa  selama 5-10 menit dapat merangsang keluarnya Endhorpin dan Serotonin, yaitu zat yang dapat menghilangkan rasa nyeri pada tubuh. penggabungan zat-zat ini ternyata dapat membuat perasaan lebih tenang, tentram dan nyaman serta bahagia. selain itu tertawa juga bisa mengurangi pengeluaran zat adrenalin, kortisol, dan radikal bebas yang bisa memancing ketegangan , kecemasan dan ketakutan.


<chef by: warta kota Cirebon>

No comments:

Post a Comment

Berawal Dari SDM

" Carilah ilmu dari lahir hingga keliang lahat" " Carilah ilmu walau sampai ke negeri cina" " Akhlak dan adab...