Monday, May 16, 2011

Sosok Pengajar dan Pendidik Anak

" Sesungguhnya diantara tujuan pendidikan dan pengajaran adalah membentuk sesosok pribadi yang memiliki sifat-sifat mulia, senantiasa terkait dengan dirinya, tatanan hidupnya yang bersandar kepada ajaran yang benar, berusaha membenahi masyarakatnya dan meluruskan pemahaman atas prinsip-prinsip yang benar "
(Asy-Syaikh Muhamad)

jika semua pengajar memegang teguh prinsip yang di utarakan oleh Asy-Syaikh Muhamad di atas, niscaya semua anak didik akan menjadi pribadi yang baik, dan benar. dan bahkan ironi yang ada dikehidupan sekarang pengajarbelum tentu peduli pada anak didiknya! sangat di sayangkan.
selain prinsip pada pendidikan beliau (Asy-Syaikh Muhamad) juga menuturkan syarat-syarat seorang pendidik yang baik menurutnya
  1. Mahir dalam bidang ajarannya, kreatif dalam metode pengajarannya, serta mencintai profesi dan anak didiknya.
  2. Bisa menjadi teladan bagi orang lain, baik dari sisi ucapan, perbuatan, maupun prilakunya.
  3. Melaksanakan apa yang dia perintahkan kepada murid-muridnya, baik berupa adab, ahlak, maupun ilmu-ilmu yang lainnya
  4. Mengetahui bahwa tugas yang di tekuninya adalah tugas yang memiliki tanggung jawab yang sangat besar, yaitu untuk memberi petunjuk dan mengajari manusia, mengenalkan mereka pada diri dan kehipannya.
  5. Seorang guru, harus meyesuaikan dengan disiplin ilmunya, hidup diantara anak didik yang berlainan tingkatan akhlak, pendidikan, dan kecerdasannya.
  6. Saling membantu dangan teman seprofesi, saling menasehati dan bermusyawarah dengan mereka demi kebaikan anak didiknya.
  7. Tawadhu terhadap ilmu
  8. Bersikap jujur dan tepat janji terhadap anak didik
  9. Dan yang terakhir yang harus dimiliki oleh seorang pengajar sekaligus pendidik adalah bersikap Sabar menghadapi anak didiknya.

No comments:

Post a Comment

Berawal Dari SDM

" Carilah ilmu dari lahir hingga keliang lahat" " Carilah ilmu walau sampai ke negeri cina" " Akhlak dan adab...