Monday, November 14, 2016

Jangan Marah

Seperti tidak puas, sahabat itupun kembali meminta lagi nasihat. Lagi2 Rosululloh saw. menjawab "jangan marah". Sampai ketiga kali, rasulullah saw menjawab dengan kalimat yang sama "jangan marah!".
Tentu bukan sederhana, ketika sebuah perintah atau nasihat disampaikan hingga 3 kali, hal ini menandakan amat pentingnya persoalan yang diperintahkan dan dinasihatkan tersebut.
Betapa tidak, banyak persoalan sederhana yang kemudian menjadi amat rumit disebabkan pecahnya kemarahan. Dan banyak persoalan yang kompleks menjadi amat mudah diselesaikan karena dapat meredam kemarahan.

Seperti pesan Rosulullah saw, hari ini pun kami berpesan kepada kita semua "Jangan marah". Apapun peristiwa yg kita hadapi hari ini, kendalikan emosi, redam rasa marah, bersyukur pada semua hal yang sesuai dengan keinginan dan bersabar atas semua hal yang tidak sesuai dengan keinginan.
وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُم
Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu.. (al Baqoroh 216)
Wallohu a'lam

Terima kasih untuk Kang Hidayat Muttaqin atas tulisan nya

No comments:

Post a Comment

Berawal Dari SDM

" Carilah ilmu dari lahir hingga keliang lahat" " Carilah ilmu walau sampai ke negeri cina" " Akhlak dan adab...